Solusi Atasi Antrian Poliklinik Rsud Dr Adnaan Wd

Sejak kurun BPJS dimulai, hampir banyak sekali Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Indonesia dipusingkan dengan peningkatan kunjungan poliklinik. Karena tiap tahun pasien terus meningkat, sementara penambahan akomodasi dan sarana tergolong minim, hasilnya pengguna kartu BPJS saat berobat di poliklinik terpaksa antrian panjang.

Berdasarkan data sistim daftar karcis berbasis online, menyerupai rumah sakit M Djamil Padang misalnya, serta beberapa rumah sakit milik Kemenkes. Harapannya biar sanggup memudahkan masyarakat untuk mendapat nomor antrian cukup mendaftar melalui SMS atau via website.
 hampir banyak sekali Rumah Sakit Umum Daerah  Solusi Atasi Antrian Poliklinik RSUD dr Adnaan WD
Menunggu karcis antrian
di Poliklinik RSUD dr Adnaan WD
Photo: istimewa
Sistim daftar online poliklinik ini juga bakal diikuti oleh beberapa RSUD lainnya di Sumbar, terutama di RSUD dr Adnaan WD kawasan penulis bekerja. Namun, yang menjadi kekhawatiran apakah sistim digital ini akan bisa memecahkan masalah? Demikianlah pertanyaan sederhana yang diperlukan tentunya sistim daftar online sanggup mengurai permasalahan antrian dan mempercepat layanan sehingga pasien tidak menunggu lama.

Baiklah, dengan adanya sistim daftar online tentunya sangat bisa mempermudah masyarakat pengguna kartu BPJS mendapat nomor antrian, sehingga tidak perlu tiba antrian subuh bila hanya sekedar untuk mendapat nomor antrian. Namun, untuk mempercepat layanan biar pasien tidak menunggu usang ini yang penulis ragukan, alasannya ialah kuota antara petugas dengan jumlah kunjungan tidak sebanding, serta fasilitas, sarana dan SDM juga butuh di upgrade. Tanpa pembenahan menyeluruh, maka pemandangan antrian nan mengular akan terus kita saksikan.

Data Kunjungan Pasien Di Poliklinik RSUD dr Adnaan WD Tiap Hari

Di Poliklinik RSUD dr Adnaan WD jumlah kunjungan pasien tiap hari untuk berobat beragam, hari Senin dan Selasa rata-rata kunjungan pasien 300-500 orang, peningkatan kunjungan terjadi pada hari Rabu dan Kamis, yakni 500-600 lebih. Sedangkan pada hari Jumat dan Sabtu kunjungan kembali menurun, rata-rata 300-an pasien yang akan berobat.  Sedangkan hari ahad atau kalender merah poliklinik tutup.

Dari ratusan kunjungan itu, diperkirakan perharinya pasien yang tiba berobat ke RSUD dr Adnaan WD dengan status umum, alias tidak memakai kartu asuransi sebanyak 15-30 orang saja. Sisanya pengguna kartu BPJS Kesehatan.

Ratusan kunjungan itu, hanya dilayani oleh 5 loket pendaftaran dengan rincian, loket 1 dan loket 3 melayani pasien BPJS dan loket 2 melayani pasien umum. Sedangkan loket 4 melayani pasien poliklinik Jantung dan Mata, baik pasien pengguna kartu BPJS maupun pasien umum.

Khusus poliklinik Jantung dan Mata layanan pasien dibatasi sebanyak 50 pasien berobat jantung dan 50 pasien yang akan berobat mata tiap harinya, berhubung dokter seorang jago jantung dan dokter seorang jago mata hanya 1 orang. Jadi, selain melayani pasien di poliklinik sebanyak 50 orang tiap harinya, mereka juga melayani pasien yang berada di rawat inap.

Setelah pasien menunjukkan data di salah satu dari 5 loket bab administrasi, maka bagi pasien BPJS juga wajib pertanda surat tumpuan dari puskesmas kepada petugas pendaftaran di loket BPJS (terpisah dari loket pendaftaran). Kemudian pasien akan mendapat Surat Elegability Pasien (SEP) yang akan disahkan oleh petugas BPJS. Selanjutnya pasien menunggu di poliklinik sesuai planning kawasan ia akan mengkonsultasikan keluhannya.

Solusi Atasi Antrian di Poliklinik

Saat ini, ada 12 Poliklinik di RSUD dr Adnaan WD, dan 5 loket pendaftaran. Rencananya menurut hasil bincang-bincang penulis dengan dr.Efriza Naldi, Sp.OG eksekutif utama RSUD dr Adnaan WD, untuk mengatasi antrian panjang dan usang tersebut, maka RSUD Adnaan WD akan memberlakukan sistim pendaftaran online (SMS dan Aplikasi web).

SMS center dan aplikasi web ini, sedang dilakukan ujicoba dan rencananya bulan Mei 2017 ini akan launching, kemudian menambah loket pendaftaran sebanyak 3 lagi. Makara total loket pendaftaran menjadi 8. Selanjutnya planning jangka menengah akan merencanakan penambahan SDM jago yang masih kurang, serta pengembangan akomodasi poliklinik, baik ruang tunggu maupun sarana lainnya.(AntonWijaya)

Komentar

  1. CASINO - Hotel, Restaurants, Lodging - MJHAR
    View reviews, hours, directions, phone 서귀포 출장샵 numbers, coupons and more 김포 출장샵 for CASINO at 495 South Sahara Drive 인천광역 출장마사지 in Baton Rouge, Louisiana. 대전광역 출장안마 Rating: 5 · ‎1 review · ‎$26.99 · ‎In stock 경산 출장마사지

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer